Wujudkan Insan Pers yang Berkualitas Menuju OKU Timur Maju, Bupati Enos Buka Pelatihan Jurnalistik di Lampung

oleh -225 Dilihat

Lensa khatulistiwa.com
Bupati OKU Timur Ir. H.Lanosin, M.T membuka langsung kegiatan Pelatihan Jurnalistik Wartawan Kabupaten OKU Timur, Sabtu (09/09/2023). Kegiatan ini untuk mewujudkan insan pers yang berkualitas, mengusung tema “Era Digital, Berita Sehat, OKU Timur Maju” bertempat di Grand Elty Lampung, 8-10 September 2023.

Adapun narasumber dalam pelatihan ini yaitu Asmono Wikan dari Dewan Pers dan Ketua PWI Sumsel Dr H Firdaus Komar. Hadir pula Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., Plt. Kepala Dinas Kominfo Hj.Sri Suhartati, S.E. M.M. dan Kepala DLH OKU Timur Fery Hardiansyah.

Usai membuka acara Bupati Enos terlihat akrab bersama para wartawan. Di sela-sela coffee break dia menyempatkan mengobrol dan menyapa para wartawan. Sehingga keakraban begitu hangat.

Baca juga :  Kapolres Oku Lakukan Pengecekan Pos Pengamanan Objek Wisata Goa Putri

Pada kesempatan itu juga Ia menyampaikan rasa bangga bisa berkumpul dengan para wartawan di tempat dan suasana yang berbeda yakni di pinggir pantai nan indah.

Bupati Enos sengaja memfasilitasi acara tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para wartawan yang bertugas di Kabupaten OKU Timur.

Dikatakannya dalam era digital ini, menurut Bupati dunia seperti tanpa pagar, semua bebas berbicara. Maka untuk mengimbangi itu wartawan perlu menyajikan informasi yang berkualitas, teraktual terutama di OKU Timur.

“Pelatihan ini adalah untuk peningkatan kualitas kompetensi, dan juga soft skill SDM wartawan. Jurnalis dapat mengarahkan dan mempengaruhi masyarakat melalui tulisan yang dibuat. Kualitas SDM ini menjadi visi misi nomor satu dari pemerintah OKU Timur,” kata Bang Enos sapaan akrab Bupati OKU Timur.

Baca juga :  Rekan IWO indonesia Empat Lawang Meninggal dunia akibat tertusuk di bagian Leher

Peningkatan kapasitas wartawas ini sebagai modal awal. Sehingga dia berharap dewan pers memberikan legitimasi nantinya. Itu sebagai tindaklanjut dari pelatihan. “Dari pelatihan ini kedepan kita harapkan diuji dengan uji kompetensi wartawan (UKW),” katanya.

Sementara, Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. menyampaikan bahwa baik buruknya nama OKU Timur ada di tangan para jurnalis. “Iya harapannya bagaimana di tangan para jurnalis ini terus menjaga nama baik OKU Timur,” katanya.

Sedangkan, Plt Kepala Diskominfo OKU Timur Hj Sri Suhartati, SE MM menjelaskan pelatihan ini digelar selama 3 hari, dari mulai Tanggal 8-10 September 2023 dengan tajuk Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Wartawan OKU Timur di Era Digital untuk Berita Sehat Menuju OKU Timur Maju.

Baca juga :  NETRALITAS ASN(PNS DAN PPPK) DALAM MENGHADAPI PEMILU TAHUN 2024

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta Wartawan yang tergabung dalam PWI, IWO, SMSI, IWO-I dan Forwako termasuk beberapa pegawai Diskominfo,” katanya.

Selain itu, kegiatan tersebut tidak hanya sebagai wahana pengembangan kualitas SDM jurnalis namun juga sebagai ajang mempererat ikatan silaturahmi dan sinergi Pemerintah OKU Timur dengan insan jurnalis.

“Ya, tujuannya mengembangkan kualitas dan kapasitas SDM jurnalis di OKU Timur agar mampu menulis karya jurnalistik yang baik dan berimbang, selalu mengedepankan berita faktual serta memahami etika jurnalis. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan memperkuat sinergi Pemkab dengan Wartawan,” pungkasnya(Ketua IWO-I OKUT).

No More Posts Available.

No more pages to load.