TARIAN TRADISIONAL KUDA LUMPING MERIAHKAN ACARA KHITANAN.

oleh -413 Dilihat

OKU TIMUR,lensakhatulistiwa.com
Tari kuda lumping menjadi bagian unik untuk meriahkan acara khitanan Saipul hajat bapak Sopian Kebun jati barat.Rt 02 /RW 02 Kelurahan pakusengkuyit Kecamatan Martapura (22/6-24)

Sebagaian dari masyarakat OKU TIMUR pasti tidak asing lagi dengan kuda lumping, tarian kuda lumping merupakan tari tradisional masyarakat Jawa yang sudah tersebar diberbagai daerah.kata pardik.

Merupakan pimpinan paguyuban kuda lumping berasal dari Tarukis Rahayu.
Setiap kali tampil dalam pertunjukan tari kuda lumping membutuhkan paling sedikit 30 personil untuk ditampilkan.ujarnya

Baca juga :  Nekat Palsukan Tanda Tangan Akhirnya Berurusan Dengan Aparat Penegak Hukum

Tarian kuda lumping menggunakan anyaman kuda dari bambu atau bahan lainnya yang dibentuk menyerupai kuda,
lalu dihiasi cemeti tiruan dari tali plastik, dan kain berwarna-warni.

Tarian ini juga sering kali menyajikan atraksi seperti kesurupan, kekebalan,dan kekuatan magis, di seperti makan beling atau kebal terhadap deretan pecutan cemeti.katanya

Ada dua pawang yang bertugas sebagai pimpinan spiritual yang tugasnya mempertahankan cuaca selama pertunjukan agar tidak hujan.

Pawang satunya akan menjaga lingkungan dari gangguan ghoib, yang masuk kedalam diri pemain.konon atraksi kesurupan dalam tari kuda lumping di sengaja kerena memang bekerja sama jin,para penari kuda lumping tidak akan merasakan sakit atau terluka.

Baca juga :  Personel Gabungan TNI Polri Dan Sat Pol PP Kota Prabumulih Kembali Bongkar Gudang Diduga Gudang Penimbun BBM Ilegal.

(LK – HENDRI)

No More Posts Available.

No more pages to load.