Talk Show Siap Sambut, Lebaran Luberan Dan Liburan

oleh -17 Dilihat

MAGELANG,lensakhatulistiwa.com
Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa menjadi narasumber pada Talk Show yang diselenggarakan Harian Jogja dan juga Diskominfo Kabupaten Magelang dengan tema “Siap Sambut Lebaran, Luberan & Liburan di Magelang”, yang dilaksanakan di Pendopo Merapi Rumah Dinas Bupati Magelang, Kota Mungkid, Rabu (03/04/2024).

Tidak hanya Kapolresta Magelang, narasumber dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto, S.H., M.H., Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Magelang Drs. H. Hedi Riyanto, M.Pd.I. Juga Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Kabupaten Magelang M. Ihsan Suradilaga, yang membahas persiapan Kabupaten Magelang dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan pemudik yang masuk di wilayah Kabupaten Magelang.

Diprediksi sebanyak 193 juta jiwa pemudik memasuki wilayah Jawa Tengah, dan Kabupaten Magelang merupakan daerah yang dipandang menjadi tujuan pemudik terbesar di pulau Jawa. Magelang akan menjadi salah satu perlintasan arus mudik maupun arus balik.

Baca juga :  Rapat Persiapan Memperingati Hari Jadi Ke 20 OKU Timur Di Gelar Di Gedung Aula Bina Praja II Setda OKU Timur

Dikatakan Kapolresta Magelang, akan ada mobilitas cukup tinggi di Kabupaten Magelang karena di Kabupaten Magelang memiliki salah satu destinasi wisata super prioritas yaitu Candi Borobudur. Lebaran ini diprediksi banyak wisatawan yang datang untuk berwisata di Kabupaten Magelang.

“Magelang merupakan daerah simpul, jalur perlintasan dari Semarang – Jogja, Semarang – Purworejo, dan juga kami mengantisipasi jalur alternatif Kopeng dan Sawangan,” kata Kombes Pol Mustofa.

Kapolresta Magelang menjelaskan Polresta Magelang telah mempersiapkan beberapa Pos Pengamanan yang berada di beberapa titik. Yaitu Secang, Mertoyudan, Salaman, Borobudur, Muntilan, dan Salam.

Baca juga :  Silaturahmi Kapolres Oku Dengan Ketua KPU Kabupaten Oku Di Ruang Kerja Kapolres Oku

“Di Borobudur kami menyiapkan Pos Pengamanan Pariwisata dan juga di Ketep Pass serta Tol Kayangan, Sawangan. Pengalaman tahun 2023, kepadatan kunjungan wisatawan dimulai pada H+1 sampai H+5,” tambah Kombes Pol Mustofa.

Menurut data pada tahun 2023, pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur mencapai 12.000 sampai 14.000 dan pengunjung Ketep Pass mencapai 3.000 sampai 4.000 pengunjung.

Polresta Magelang mengerahkan 510 anggota dalam pengamanan lebaran tahun ini dalam Operasi Ketupat Candi 2024 Polresta Magelang. Dengan rincian 455 personel dari Polresta Magelang, Brimob, ditambah anggota TNI dari Kodim 0705/Magelang. Serta dari Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang dan Satpol PP Kabupaten Magelang. Semua dimaksimalkan untuk pengamanan arus mudik, arus balik, dan kunjungan di obyek wisata Kabupaten Magelang.

Baca juga :  Wartawan Lensa Khatulistiwa Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024

“Pos Pengamanan semua sudah berdiri, besok pagi kami akan menggelar  Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024. Setelah apel seluruh personal langsung bergeser menempati pos pengamanan yang sudah ditentukan,” terang Kapolresta Magelang.

Tidak hanya mempersiapkan pengaman antisipasi arus mudik, Polresta Magelang juga mengantisipasi peredaran obat mercon/petasan dan pelepasan balon udara, yang sering dilakukan masyarakat menjelang Lebaran. Serta antisipasi aksi kenakalan remaja seperti perang sarung, balap liar, dan tawuran remaja.

Kapolresta Magelang mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam menyambut lebaran.

“Mari kita sambut Idul Fitri dengan kegiatan-kegiatan yang positif dengan kegiatan keagamaan,” ajak Kapolresta Magelang.

(LK – NARWAN)

No More Posts Available.

No more pages to load.