SPAL DIKELURAHAN RD PJKA RT 003 /RW 002 LAHAT DIDUGA AJANG KORUPSI LURAH

oleh -240 Dilihat

Lahat 05-10-2023
Lensakhatulistiwa.com

Siring Pembuangan Air Limbah (SPAL) adalah salah satu fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat demi kelancaran saluran pembuangan dari kamar mandi, tempat mencuci, dapur,baik didaerah pedesaan,maupun kelurahan sehingga air limbah tersebut dapat mengalir dengan lancar ,agar tidak menyerap kedalam tanah dan tidak  menjadi penyebab penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan permukiman.
Selain demi kelancaran dan kenyamanan seluruh masyarakat  pembangunan yang menggunakan Dana APBD,APBN ,Kelurahan
,dana Desa, harus diperhitungkan ketahanan dan kwalitasnya agar dapat dipergunakan masyrakat dengan jangka waktu yang lama,lain halnya yang terjadi di Rt 003 Rw 002 kelurahan
RD PJKA Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan  Pembanguan SPAL yang bersumber dari Dana Kelurahan Tahun 2023, Diduga Asal jadi,diduga Jarak Besi tidak sesuai SPEK pembanguan SPAL,terindikasi ketebalan tidak sesuai SPEK,Diduga coran yang seharusnya diisi menggunakan adukan split,pasir,semen tapi yang terjadi dilapangan diisi menggunakan dinding sisa SPAL yang lama,diduga material yang digunakan tidak sesuai SPEK menggunakan pasir,batu,bercampur tanah kotor(SIRTU NA)
Hal ini terungkap saat awak media ini investigasi langsung kelapangan atas permintaan dan laporan beberapa masyarakat.

Baca juga :  WUJUDKAN IWO INDONESIA TERVERIFIKASI DEWAN PERS KORWI IWO INDONESIA SUMSELl MENGGELAR RAPAT KOORDINASI BERSAMA PARA KETUA DPD IWO INDONESIA

Salah satu warga Rt 003 Rw 002 Kelurahan RD PJKA kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan yang mengaku bernama Yantok 29-09-2023 mengatakan, saya sedikit banyak mengerti dengan bangunan SPAL karena saya juga bekerja buruh harian lepas dibangunan ,kalau saya lihat untuk pembangunan Siring Pembuangan Air Limbah diKelurahan RD PJKA ini asal jadi saja, kalau yang sebenarnya tidak begitu jarak besinya terlalu jarang-jarang,bisa dilihat dengan jelas oleh bapak ibu wartawan Pembesiannya .
untuk ketebalannya dipalsukan dan diisi menggunakan dinding bekas bangunan SPAL yang lama, material yang mereka gunakan sangat tidak layak karena mereka menggunakan pasir,batu bercampur tanah kotor, seharusnya digunakan untuk penimbunan.
Sepengetahuan saya kalau untuk material untuk pembangunan SPAL harus menggunakan Split,pasir,semen  “ujarnya”.

Baca juga :  Fauzan Khori Denin PJ Bupati Empat Lawang Pimpin Apel Siap Siaga Bencana Untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang setiap waktu bisa terjadi, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang menggelar apel siaga bencana 2024. Digelar di lapangan Kantor Bupati, dipimpin langsung oleh Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, Rabu (24/1/2024). Apel tersebut dihadiri Pj. Sekda Hepy Safriani., SKM., M.Kes. dan diikuti ratusan personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PU dan Dinas Perkim. Pj Bupati mengatakan bencana alam yang sering terjadi di Empat Lawang ada 2, yaitu banjir dan tanah longsor. Ke 2 bencana alam inilah yang harus diantisipasi. “Kalau yang lain Insyaallah mudah-mudahan masih terpantau. Oleh karena itu mengatasi bencana ini perlu dukungan dan partisipasi dari semua pihak, sebab bencana alam tidak bisa diduga, seketika dia bisa datang,” ujarnya. Oleh karena itu, judul apel ini siaga bencana, artinya semuanya bersiap diri. Dirinya meminta mulai hari ini semuanya yang ada disini adalah tim kerja. “Tidak hanya menyerahkan TRC nya BPBD. Memang nomenklatur institusinya adalah BPBD, terpantau hampir setiap kejadian bencana BPBD hadir, tapi mulai hari ini saya sampaikan kita sebagai satu kesatuan. Ketika ada bencana alam tidak bisa hanya BPBD saja. Harapan kami disana muncul teman-teman dari kesatuan lain,” ujarnya. Pada Januari 2024 ini, telah banyak bencana alam yang menimpa Kabupaten Empat Lawang, diantaranya bencana banjir dan tanah longsor. “Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG dari tanggal 21-31 Januari 2024, Sumatera Selatan masih memasuki periode musim hujan,” jelasnya. Sementara untuk curah hujan di Kabupaten Empat Lawang, mulai dari curah hujan sedang hingga lebat. Terdapat hampir disemua kecamatan di wilayah Kabupaten Empat Lawang. “Maka dari itu saya menghimbau kepada semuanya, agar selalu waspada dan siaga dalam memasuki cuaca ekstrim di Kabupaten Empat Lawang. Khususnya musim hujan yang terjadi di berbagai daerah di Empat Lawang,” ucapnya.

Hal senada juga dikatakan  oleh salah satu warga Rt 003 Rw 002  Kelurahan RD PJKA Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan mengaku bernama Ari 30-09-2023 mengatakan ,tolong kepada pemerintah kalau mau membangun Fasilitas untuk masyarakat jangan asal jadi saja ,harus dipikirkan terlebih dahulu mutu dan kwalitasnya agar bisa digunakan dengan jangka waktu yang lama,apalagi membangun menggunakan uang dari pajak rakyat jadi harus sesuai SPEK dan mutu yang bagus agar bisa bermanfaat untuk masyarakat
” ujarnya”.

Baca juga :  Ketua, TP. PKK dr.Sheila Noberta,Sp.A., M.Kes. Mengikuti Focus Group Dicussion(FGD)

Mieki Anggelino Palatas,SE,MM
Lurah RD PJKA Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan 04-10-2023 tiga kali dikomfirmasi awak media ini melalui Via WhatApps No 0813-7327-XXXX memberikan jawaban ”  Temui pak feri ( peong) pak”.

,”BERSAMBUNG KEEDISI SELANJUTNYA,”

MUHAMMAD HARIANTO & TEDDI SUSILO
(TEAM PEMBURU KORUPTOR)

No More Posts Available.

No more pages to load.