Satu pelaku penggelapan buah sawit milik PT Wana Karya Mulya Kahuripan (WMK) Ditangkap pada 18 Desember 2023 lalu.

oleh -51 Dilihat

Oku Timur,lensakhatulistiwa.com
Satu dari tiga karyawan PT WMK Ditangkap anggota Reskrim Polsek Martapura. Pelaku dìtangkap saat sedang melakukan pelarian ke Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumsel.

Kemudian, dua pelaku lainnya masih dalam pengejaran polisi dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polsek Martapura.

Pelaku penggelapan buah sawit yang berhasil dìtangkap yakni Jhonson Saragih (29) warga Desa Bunga Mayang, Kecamatan Jayapura.

Pelaku tak lain merupakan salah satu pegawai PT WMK yang menduduki jabatan sebagai Asisten Afdeling III.

Penangkapan pelaku diperkuat dengan laporan polisi nomor: LP-B/01/1/2024/POLSEK MARTAPURA/POLRES OKU TIMUR/POLDA SUMSEL, tanggal 01 Januari 2024.

Selain itu dua pelaku lainnya yang saat ini masih DPO yakni berinisial RS (25) tahun selaku sopir mobil pengangkut sawit dan FS (26) selaku buruh muat sawit.

Baca juga :  PENGECEKAN DAN PERBAIKAN RUAS JALAN NASIONAL AMBLAS DI DESA GUNUNG MERAKSA KECAMATAN PENGANDONAN KABUPATEN OKU

Kapolsek Martapura Kompol Adi Sapril HS, SH, MH. menjelaskan, aksi tindak pidana penggelapan dalam jabatan dìlakukan pelaku bersama dua rekannya terjadi pada Senin 18 Desember 2023 sekira pukul 22.15 Wib.

Saat itu, pelaku yang merupakan Asisten III Afdeling memerintahkan oknum pemuat buah sawit untuk pulang duluan setelah buat sawit dìmuat kedalam mobil dump truk BG 8731 UI.

Kemudian, saksi pulang dan menunggu mobil tersebut dì persimpangan antara perumahan karyawan dengan jalan pabrik. Setelah menunggu satu jam, mobil tak kunjung lewat dan akhirya saksi pulang ke mes karyawan.

Baca juga :  DUA BACKPACKER ASAL MEDAN KELILING INDONESIA SINGGAH DIPOSKO KELUARGA TOTO DWIYANTO

Keesokan harinya saksi melihat hasil timbang yang dìbawa mobil tersebut tidak sesuai deng rata-rata janjang buah dalam blok tersebut.

Selanjutnya, saksi melaporkan kejadian itu ke Asisten Humas PT WMK. Merasa curiga adanya indikasi penggelapan, asisten humas melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Martapura untuk dìtindak lanjuti.

Menanggapi laporan tersebut, Polsek Martapura langsung melakukan penyelidikan. Bahkan Kapolsek memerintahkan Kanit Reskrim melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

Pada Kamis 11 Januari 2024, anggota Opsnal Reskrim Polsek Martapura mendapatkan informasi mengenai keberadaan salah satu pelaku.

Baca juga :  Ketua Umum IWO Indonesia Mengecam Tindakan Pengusiran Jurnalis Di Desa Way Layap

Untuk itu, Kapolsek langsung mengutus Kanit Reskrim dan anggota melakukan pengejaran ke Kabupaten Banyuasin.

“Pelaku berhasil kita ringkus sekitar pukul 01.00 WIB dìni hari dì Kabupaten Banyuasin. Selanjutnya langsung kita bawa ke Polsek Martapura,” jelas Kompol Adi Sapril, HS, SH, MH. Jumat 12 Januari 2024.

Selain menangkap pelaku, Polsek Martapura juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) lembar Fotocopy nota angkut buah.

1 (satu) lembar foto copy kartu timbangan, 1 (satu) unit mobil dump truck warna merah nopol BG-8731-UI milik PT WMK.
(IHSAN E/KETUA IWO INDONESIA KABUPATEN OKU TIMUR)

No More Posts Available.

No more pages to load.