Rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten OKU Timur dìgelar hari ini, Jumat 1 Maret 2024.

oleh -165 Dilihat

OKU TIMUR,lensakhatulistiwa.com
Rapat pleno ini berlangsung dì Gedung Graha Tani, Parai Puri Tani Hotel, Kecamatan Martapura dari 01 sampai 03 Maret 2024.

Dalama arahannya, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH meminta semua pihak mengawal seluruh proses Pemilu serentak 2024 dì Kabupaten OKU Timur.

Namun sebagai penanggungjawab kamtibmas, Kapolres mengajak seluruh elemen, baik Parpol, Saksi, Bawaslu dan KPU untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan

“Saat ini tahapan masuk rapat pleno rekapitulasi tingkat KPU. Artinya sudah masuk tahap akhir, untuk itu saya minta tetap kondusif,” tegasnya.

Kapolres menjelaskan, sejak awal proses pemilu dì Kabupaten OKU Timur selalu berjalan dengan baik, lancar, aman dan tertib.

Sehingga dìharapkan proses puncak ini juga tetap berjalan dengan baik, tanpa ada tindakan yang mengganggu ketertiban umum.

Kapolres berpesan, kepada penyelenggara yakni KPU agar melakukan tugas sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga :  Bakal calon walikota Prabumulih H Arlan adakan buka puasa bersama insan pers

Begitu juga dengan pengawas yakni Bawaslu, agar dapat mengawasi seluruh proses pemilu sesuai tufoksinya.

“Jika ada pihak yang merasa keberatan terkait perhitungan suara dan sebagainya, silakan dìselesaikan dì rapat pleno rekapitulasi ini,” ujarnya.

Bahkan tambah Kapolres, jika masih ada pula yang belum puas agar dapat menempuh aduan atau laporan melalui jalur-jalur resmi.

Baik dì tingkat Bawaslu provinsi, maupun sampai jalur sengketa hingga bisa ke Makamah Konstitusi (MK).

“Saya tegaskan tidak boleh ada yang mengganggu kamtibmas dì Kabupaten OKU Timur. Khusus pada tahapan ini, jangan ada yang mengerahkan massa dan sebagainya,” tegas Kapolres.

AKBP Dwi Agung Setyono juga mengingatkan bahwa tidak boleh ada yang melakukan penghasutan-penghasutan.

Apalagi sampai pada ending gangguan kamtibmas, ganguan sosial yang menyebabkan terjadi kerusakan dan sebagainya.

Baca juga :  KEGIATAN RAPAT KORDINASI LINTAS SEKTORAL DALAM RANGKA OPERASI KETUPAT T.A 2024 DI KABUPATEN EMPAT LAWANG

“Kalau terjadi seperti itu saya sudah siapkan pasal-pasal yang akan saya gunakan untuk menindak tegas,” paparanya.

Bahkan, Kapolres juga mengatakan telah menyiapkan pasal penghasutan, pasal pengrusakan dan jika ada korban pasal 170 pun sudah dìsiapkan.

“Saya yakin masyarakat OKU Timur sudah cerdas, dan tidak akan melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain,” kata Kapolres.

Sebelumnya, Kapolres mengatakan telah menyiapkan 160 personel, untuk melakukan pengamanan proses Pleno Rekapitulasi hasil penghitungan suara dì tingkat kabupaten ini.

Sementara, Ketua KPU OKU Timur Denis Firmansyah mengaku bahwa rapat pleno rekapitulasi ini telah kita siapkan semaksimal mungkin.

Dìmana rapat pleno rekapitulasi tingkat KPU OKU Timur tersebut dìpusatkan dì Graha Tani Hotel Parai Martapura, selama tiga hari, 1-3 Maret 2024.

“Sejauh ini tidak kendala yang berarti. Sebagian besar sudah selesai saat pleno dì tingkat PPK,” katanya.

Baca juga :  Paripurna Hari Jadi ke-17 Kabupaten Empat Lawang Sukses

Meski demikian, Denis mengaku memang ada beberapa dinamika. Seperti adanya beberapa laporan dì Bawaslu, terkait adanya peserta atau caleg yang belum puas.

“Tentunya hal itu sebisa mungkin kita selesaikan saat rekapitulasi tingkat kabupaten ini,” ujarnya.

Denis berharap, proses pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut bisa berjalan lancar dan cepat.

“Harapan kita bisa selesai dengan cepat, bakan 1 hari atau 2 hari,” harapnya.

Denis mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pelaksaan pleno ini selama tiga hari dìmulai pukul 08.30 WIB sampai puku 21.00 WIB.

Namun jika ada kebutuhan penambahan waktu, tentunya akan dìkusikan melalui forum.

“Jika ada kesepakatan bersama, bukan tidak mungkin waktu akan kita tambah. Sehingga semua proses berjalan dengan baik,” pungkasnya.
(LK – IHSAN E/KETUA IWO INDONESIA KABUPATEN OKU TIMUR)

No More Posts Available.

No more pages to load.