Polresta Magelang Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

oleh -131 Dilihat

MAGELANG,lensakhatulistiwa.com
Polresta Magelang melaksanakan Upacara Bendera Hari Kesadaran Nasional hari ini, Rabu (17/04/2024) di Halaman Mako Polresta Magelang. Upacara Dipimpin langsung oleh Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Mustofa, S.I.K., M.H. diikuti oleh Wakapolresta AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H. beserta para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira, serta anggota Bintara dan ASN Polresta Magelang.

Kapolresta Magelang dalam kesempatan itu menyampaikan amanat dari Kapolda Jateng. Diungkapkan, atas nama Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin”.

“Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2024 dan Operasi Ketupat Candi 2024 yang telah berjalan dengan baik dan tidak ada public complain. Serta secara umum, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Jateng hingga saat ini aman dan kondusif,” amanat Kapolda Jateng.

“Upacara yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian, memupuk disiplin, patriotisme, jiwa korsa, loyalitas dan kebersamaan. Serta mempunyai makna khusus sebagai sarana untuk introspeksi dan evaluasi sejauh mana kinerja yang telah diberikan kepada organisasi, masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Baca juga :  Jelang Lebaran, Personel Pengamanan Lebaran Di Siagakan Jaga Kamtibmas Seputaran Stasiun Kereta Api

Kapolda mengingatkan kepada seluruh anggota untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait agenda Kamtibmas ke depan untuk menjadi atensi bersama. Seperti pesta demokrasi Pilkada Serentak 2024 di semua daerah, permasalahan kriminalitas, penyalahgunaan narkotika, dinamika lalulintas, potensi konflik, dan upaya penanganan bencana alam.

“Serta ancaman radikalisme dan terorisme maupun dampak dari perubahan sosial masyarakat yang dinamis. Ini semua membutuhkan kesiapan dari Polri khususnya sebagai penanggungjawab Kamtibmas,” lanjutnya.

“Saya minta kepada seluruh anggota Polda Jateng untuk menyiapkan diri dan bertindak lebih proaktif dalam menghadapi tantangan tugas guna meningkatkan kepercayaan masyarakat. Sebagai bentuk untuk merealisasikan pelaksanaan program pemerintah dan program prioritas Kapolri yang telah dicanangkan dan ditindaklanjuti dengan rencana aksi, baik di bidang pembinaan maupun operasional,” imbuhnya.

Baca juga :  Cabor Angkat Besi Musi Rawas Berhasil Meraih 1 Emas dan 5 Perunggu di Porprov Sumsel 2023

Apabila Kita Mencermati situasi kamtibmas di Jawa Tengah, tanggal 1 sampai 15 April 2024 telah terjadi tindak pidana sebesar 564 kasus. Kasus tertinggi adalah tindak pidana narkoba sebanyak 41 kasus, penyelesaiannya sebanyak 11 kasus dan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (currat) sebanyak 39 kasus, dengan penyelesaian sebanyak 12 kasus.

Di bidang lalu lintas telah terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 877 kejadian, dengan korban meninggal 32 orang, luka berat 24 orang dan luka ringan 968 orang. Sedangkan untuk kerugian materiil sebanyak Rp 1.212.350.000.

“Dengan masih cukup tingginya jumlah tindak pidana yang terjadi, maka diperlukan perhatian dan keseriusan kita sebagai aparat penegak hukum untuk melaksanakan upaya-upaya yang memberikan effect detterence dalam penanganannya,” tegas Kapolda dalam amanat tertulisnya.

Oleh karena itu, kepada seluruh anggota Polda Jateng disampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :
1. Kembangkan sikap peka dan proaktif serta dapat menganalisis dan mengantisipasi terhadap setiap perkembangan situasi yang menjurus kepada gangguan kamtibmas maupun terhadap perubahan dan perkembangan di lingkungan masyarakat;
2. Lakukan penegakan hukum secara transparan. dengan penanganan secara profesional dan tidak diskriminatif dan tetap humanis. Jalin sinergitas dengan instansi terkait untuk turut serta menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Jateng;
3. Optimalkan berbagai pelayanan kepolisian berbasis teknologi, permudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kepolisian, jangan dipersulit;
4. Jangan ada pungli, laksanakan tugas dengan ikhlas, nikmati dan syukuri menjadi polisi, tampilkan sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat;
5. Jaga kesehatan dengan mengatur pola makan, tidur yang cukup dan olahraga secukupnya.

Baca juga :  Anak Berusia 14,15,16 Tahun Telah Melakukan Pencurian Dua Pelaku DPO

“Demikian amanat Kapolda Jateng saya bacakan pada upacara bendera Hari Kesadaran Nasional hari ini. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita sekalian. Dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa.

(LK – NARWAN)

No More Posts Available.

No more pages to load.