Pj. Bupati Empat Lawang Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

oleh -254 Dilihat

EMPAT LAWANG,lensakhatulistiwa.com
Pj.Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin menjadi Inspektur Upacara  Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-65 di Lapangan Kantor Bupati Empat Lawang, Sumatera Selatan Senin (3/6/2024).

Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-65 di tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dihadiri Forkopimda Empat Lawang, sejumlah Kepala OPD dan ASN di Lingkungan Pemkab Empat Lawang, juga para Pelajar.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati menyampaikan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Dalam amanatnya, Pancasila harus senantiasa di jiwai dan di pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Baca juga :  NR ICANG RAHARDIAN KEDEPANKAN KODE ETIK DAN PROFESIALISME SESUAI DENGAN SLOGAN IWO INDONESIA JURNALIS TERPERCAYA.

“Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ujar Pj. Bupati.

Terpisah, dengan semangat Pancasila yang kuat ini dirinya meyakini, bahwa seluruh tantangan yang akan dihadapi oleh Bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih lagi, di tengah krisis global yang terjadi Bangsa Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

“Keberhasilan ini tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak Bangsa dengan ideologi Pancasila, sebagai pondasi dasarnya,” ujarnya.

Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila menetapkan, bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Dalam Keppres tersebut juga menetapkan pada setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur Nasional.

Baca juga :  Prabowo Batal Hadir ke Musi Rawas,Ketua IWO.I Musi Rawas Angkat Bicara

Ditetapkannya tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dikarenakan pada tanggal 1 Juni 1945, kata Pancasila pertama kali disebut oleh Presiden Pertama RI Soekarno dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Penetapan tersebut juga bertujuan agar Pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Andap Budhi Revianto, ada banyak cara untuk memperingati Hari lahir Pancasila, akan tetapi, memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata merupakan cara terbaik dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

Baca juga :  POLRES OKU TIMUR GELAR PRESS RILIS 29 DESEMBER 2023

“Mari kita terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata, sehingga dapat meng-eliminir berbagai implikasi dampak pertarungan ideologi global, serta berbagai friksi dalam sistem nilai dan karakter generasi muda masa depan Bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Sekjen Kemenkumham mengatakan, Pancasila telah disepakati oleh seluruh Rakyat Indonesia, serta sudah terbukti dan teruji sebagai ideologi yang.

(LK – JULI ARIANSYAH)

No More Posts Available.

No more pages to load.