Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Di Buka Langsung Oleh Bupati OKU TIMUR, Ir, H.Lanosin, M.T Di Gedung Aula Bina Praja II Setda OKU TIMUR

oleh -102 Dilihat

OKU TIMUR,lensakhatulistiwa.com
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur melalui Badan Pembangunan Daerah dan Penelitian Perkembangan (Bappeda dan Litbang) menyelenggarakan Musyawarah Perencanaa Pembangunan (Musrenbang). Senin, 04 Maret 2024 di Aula Bina Praja II Setda OKU Timur.

Dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. dengan ditandai pemukulan gong, kegiatan ini terselenggara dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten OKU Timur Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten OKU Timur Tahun 2025.

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. dalam sambutan dan arahannya mengatakan akan merencanakan OKU Timur untuk menuju Indonesia Emas.

“Ini rencana jangka panjang yang harus kita susun dan dimulai pada tahun 2025. Indonesia emas sering disampaikan oleh pemerintah pusat secara langsung tentang bonus demografi yang ada, ini artinya rencana jangka panjang ini harus linier dengan pemerintah pusat yaitu Indonesia Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan dan Pemprov Sumsel dengan tagline Sumsel Mapan 2045,” imbuhnya.

Baca juga :  Tujuh Sasaran Pelanggaran Prioritas Dalam Operasi Patuh Musi 2024

Untuk menggapai itu, Bupati meminta untuk peserta agar memberikan ide atau gagasan yang akan diperbuat hingga tahun 2045 nanti.

“OKU Timur dalam angka merupakan landasan dasar untuk kita berbuat. OKU Timur sekarang berada di gerbang kemajuan. Dan kita harus siap untuk menghadapi resiko atas kemajuan ini,” kata Bupati.

Ditambahkannya, setelah ada usulan perencanaan yang ada, dari berbagai macam dari kata maju, sejahtera dan berkelanjutan ini. Bupati meminta ada prioritasnya dan sub bagian mana yang harus diutamakan.

“Visi dan misi harus seleras, jika tidak selaras dengan visi dan misi Presiden. Jika tidak selaras maka akan terjadi stagnasi dalam pembangunan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang Maryus Markus Firdaus, S.STP. dalam laporannya menyebutkan untuk mendukung terwujudnya pencapaian Visi RPJP Nasional Tahun 2025-2045 “Indonesia Emas” yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan dan Visi RPJPD Provinsi Sumsel “Sumsel Mapan 2045” yaitu Sumsel Maju, Terdepan dan Berkelanjutan. Maka Pemkab OKU Timur melakukan penyelarasan visi, misi, arah kebijakan dengan menetapkan visi RPJPD Kabupaten OKU Timur Tahun 2025-2045 adalah OKU Timur Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan dengan Tagline OKU Timur Sepadan 2045.

Baca juga :  Tradisi Adat Komering Sedekah Balaq

“Adapun 5 sasaran utama visi RPJPD yaitu, mencapai pendapatan per kapita setara negara maju, kemiskinan menuju nol persen dan menurunnya ketimpangan, meningkatnya kepemimpinan dan pengaruh Indonesia di dunia Internasional, meningkatnya daya saing sumber daya manusia, serta menurunnya intensitas emisi Gas Rumah Kaca (GRK) menuju net zero emission,” jelasnya.

Mengusung tema “Pemantapan Kontribusi Sektor Unggulan Daerah yang Ditopang oleh Infrastruktur Ekonomi dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia”.

Baca juga :  Unik, Hari Bhayangkara Ke 78 Polda Sumsel Akan Dimeriahkan Kontes Mobil Klasik

“Adapun yang menjadi prioritas diantaranya Pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan berbasis sektor unggulan daerah, percepatan penurunan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas SDM yang produktif dan berdaya saing, pemantapan infrastruktur dasar, konektivitas dasar dan kualitas lingkungan hidup serta peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan yang efektif dan inovatif serta stabilitas politik dan keamanan,” sambungnya.

Pada kegiatan ini, Bupati Enos juga menyerahkan piagam penghargaan kepada OPD dengan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2024 Terbaik dan Kecamatan Penyelenggara Musrenbang Tahun 2024 Terbaik.

Hadir dalam kegiatan ini Kajari OKU Timur Andri Juliansyah, S.H., M.H., Kepala BPS OKU Timur Ir. Budiriyanto, M.A.P., Forkopimda dan Forkopimda plus, Sekretaris Daerah, Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, Camat dan tamu undangan lainnya.
(LK – IHSAN E/KETUA IWO INDONESIA KABUPATEN OKU TIMUR)

No More Posts Available.

No more pages to load.