Mahasiswa KKN UNTIDAR Magelang Gelar Seminar Literasi Media

oleh -32 Dilihat

MAGELANG,lensakhatulistiwa.com
Kelompok mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) Magelang yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bandarsedayu, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang mengajak kaum ibu memahami literasi media. Terkait hal itu dgelar Seminar Literasi Media dan Pemberitaan, dengan peserta ibu-ibu PKK di desa tersebut, Selasa (23/01/2024).

Kegiatan bertempat di Aula Balai Desa Bandarsedayu dengan menghadirkan narasumber seorang wartawan media online, Narwan, S.Pd. Jurnalis ini kebetulan sebagai seorang PNS yang bekerja di Korwil Disdikbud Kecamatan Windusari.

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN, Andri Maulana mengungkapkan alasan digelarnya seminar sebagai kegiatan mahasiswa di Desa Bandarsedayu. Dikatakan literasi media sangat penting bagi ibu-ibu PKK yang menjadi contoh warga di lingkungannya.

Baca juga :  WARGA DESA LUNGGAIAN SAAT INI RESAH BANYAK NYA BARANG ELEKTRONIK YANG RUSAK DI DUGA DENGAN ADANYA TOWER TELKOMSEL

“Seminar ini dengan tujuan agar ibu-ibu PKK mendapatkan pengetahuan tentang literasi media sosial dalam kehidupan sehari-hari, serta dampaknya terhadap individu maupun kehidupan sosial,” ujar Andri.

Andri melanjutkan, tujuan lainnya agar para ibu mampu menggunakan media sosial secara bijak, serta dapat memanfaatkannya untuk hal positif.

“Misalnya sebagai sarana promosi produk-produk makanan buatan sendiri atau lainnya,” lanjut mahasiswa semester 10 jurusan Teknik Mesin ini.

Dalam materi seminarnya, Narwan menyampaikan antara lain tentang Fenomena Perkembangan Teknologi Informasi, Fungsi Media Sosial, Jenis Media Sosial Baru, dan Manfaat Memahami Literasi Media.

Baca juga :  Hendri SE Nomor Urut 2 Partai Nasdem Dapatkan Suara Terbanyak di Lubuklinggau Barat 1 & Barat II

Dalam menyampaikan materinya, Narwan juga memberi contoh konkret dengan bahasa yang mudah dipahami peserta. Contoh-contoh yang diberikan dikaitkan dengan edukasi dan budaya yang akrab dengan kaum ibu kesehariannya.

“Ya tadi dicontohkan, seorang ibu dalam mengunggah sesuatu di media sosial. Diusahakan menghindari hal-hal yang mengundang kemaksiatan, misal kalimat dengan kata-kata kasar. Tidak boleh menyebar ujaran kebencian, dan berita bohong,” terang Andri.

Di akhir kegiatan, Ketua TP PKK Desa Bandarsedayu, Sobiyatun mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa dan narasumber. Diungkapkan kegiatan Seminar Literasi Media ini sangat bermanfaat bagi para ibu.

Baca juga :  Kasat Narkoba dan Kasat Sabhara Polres Lubuklinggau Menerima Penghargaan Dari Kapolda Sumsel

“Kami jadi tambah wawasan tentang bagaimana menggunakan dan mamanfaatkan media sosial lewat HP. Terimakasih, ilmu ini sangat berguna bagi kami ibu-ibu PKK Desa Bandarsedayu,” ucapnya.

Diketahui, 10 mahasiswa KKN Untidar yang diketuai Andri Maulana ini dari beberapa jurusan, yaitu Ninggar Sari Sekar Mayanda (Ekonomi Pembangunan), Aisha Meira Salsabilla (Teknik Sipil), Diah Catur Pamungkas (Ekonomi Pembangunan), Farkhan Setyawan (Teknik Mesin). Kemudian Khanin Naima (Teknik Sipil), Faris Naufal Hanif (Teknik Mesin), Fatchiatul Munayaa (Teknik Sipil), Muhamad Sulthon Nasrullah (Teknik Elektro), dan Diva Ananda Syanufa (Teknik Sipil).
(LK – NARWAN)

No More Posts Available.

No more pages to load.