LOMBA AZAN DAN BACA ALQURAN, DESA LAYA MASJID ADJRUL AMILIN SANGAT MERIAH.

oleh -338 Dilihat

Baturaja,Lensakhatulistiwa.Com Kamis, 28 September 2023.
Maulid Nabi adalah salah satu hari besar umat Islam dan biasanya diperingati dengan berbagai kegiatan, salah satunya menggelar lomba di sekolah,tapi hari ini Desa laya, Kecamatan Baturaja Barat, provinsi Sumatera Selatan,mengadakan perlombaan azan dan membaca alquran, tepat nya di masjid ADJRUL AMILIN Desa Laya.

Sebelum acara di mulai, awak media lensakhatulistiwa.com,berbincang bincang bersama kepala desa desa Desa Laya, kecamatan Baturaja Barat”ERLAN NOPRIN”, Kepala desa menjelaskan,
Secara bahasa, Maulid Nabi berarti hari kelahiran nabi, sedangkan kata ‘nabi’ mengacu pada Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi selalu diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal menurut kalender Islam,ucap Kepala Desa”ERLAN NOPRIN “

Dan juga,
peringatan Maulid Nabi adalah wujud syukur dan rasa gembira umat Islam atas kehadiran Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir di dunia. Di sisi lain, Maulid Nabi juga menjadi momentum untuk merenung, meneladani sifat dan perilaku Rasulullah, sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi sesama muslim.

Baca juga :  Kapolresta Magelang Sambang dan Sumbang Masjid di Tegalrejo

Memang benar,kebiasaan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW di adakan di sekolah sekolah,di adakan perlombaan,tapi saya dan perangkat desa, kami sepakat
dalam rangka memperingati Maulid Nabi,kami adakan perlombaan adzan dan lomba baca alquran kami bikin acara nya di masjid, dan lagi pula perlombaan ini,kami khuskan buat anak anak yang di dalam lingkungan desa sendiri,tutur ERLAN NOPRIN,selaku Kepala Desa, kami kepanitiaan ini tidak menyebar luaskan ke desa desa lain, kami khusus kan hanya desa kami sendiri,lomba ini tak hanya sebagai sarana untuk menambah pengetahuan, tapi juga menjadi wadah kreativitas sekaligus sarana dakwah di lingkungan Desa kami sendiri, tutur Kepala Desa, Desa Laya.

Baca juga :  Ketua, TP. PKK dr.Sheila Noberta,Sp.A., M.Kes. Mengikuti Focus Group Dicussion(FGD)

Berikut beberapa ide lomba yang bisa kami perlombakan, dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,

Lomba azan
Azan merupakan panggilan beribadah, khususnya shalat, bagi umat Islam.

Tentunya ada beberapa kriteria yang akan dinilai oleh para juri, seperti adab, vokal, intonasi, kefasihan dalam melantunkan azan, hingga soal makhraj dan tajwid.

Lomba baca Al-Qur’an
Tilawah berarti membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan baik dan benar sekaligus melantunkannya dengan irama yang merdu, perlombaan ini kami khususkan buat anak anak SD dan SMP, yang ada di desa kami

Lomba tilawah Alquran bertujuan mendorong generasi muda untuk mencintai Al-Qur’an serta menanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Lomba membaca surat pendek
Lomba,untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap agama dan kitab suci Al-Quran, lomba ini juga bisa melatih keberanian anak-anak, ucap kepala desa.

Baca juga :  Pj Kepala Desa Seleman Ulu Rosmelia, S.pd Melakukan Fogging, Pencegahan Demam Berdarah (DBD)

Kegiatan perlombaan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, kami tetap memanggil juri dari luar desa kami,yang lebih mengerti tentang perlombaan yang kami adakan saat ini.

Perlombaan AZAN,peserta yang ikut sebanyak 37 peserta,dengan dua orang juri,
Ustadz BANI HAIDIR Spd.
Ustadz BASRI.

Adapun lomba baca alquran,peserta sebanyak 51 peserta, dengan juri,
RIZKY DENI PRATAMA, SE.
Ustadz SARBAKI

Penyelenggara/panitia acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah, pada tanggal 28 September 2023 di mesjid ADJRUL AMILIN,
ARDIANTO
ROHANDA
FAHMIRUDIN
MAHYUDIN
A.SUBARI
HERMAN
SADAM SAET
SUHENDRI
HERMAN S
SABIRIN.
Kerja sama kepanitiaan acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah masjid ADJRUL AMILIN, patut di ancungi jempol,dengan ke kompakan nya.
(Lensakhatulistiwa.com/EDI SK).

No More Posts Available.

No more pages to load.