Kemarau Panjang Melanda, Pemkab OKU Timur Gelar Sholat Istisqa, Memohon Turun Hujan

oleh -302 Dilihat

Okut, lensakhatulistiwa.com
Usai melaksanakan Sholat Jum’at, Pemerintah Kabupaten OKU Timur bersama masyarakat dan jajaran Forkopimda melaksanakan Shalat Istisqa atau shalat meminta diturunkan hujan. Shalat dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Sabilul Muttaqin, Jum’at, 29 September 2023.

KH. M. Kholid Mawardi bertindak sebagai Imam Sholat Istisqa, diikuti oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T, Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono, S.I.K. M.H, Kakan Kemenag OKU Timur Drs. H. Ishak Putih, M.Si. Dandim 0403 OKU diwakili Paling OKU Timur, dan Perwakilan Kejaksaan Negeri.

Baca juga :  Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 78 Tahun 2024 Polres Prabumulih, Adakan Kegiatan Bakti Kesehatan Dalam Penanganan Stunting.

Selain Bupati dan Unsur Forkopimda, turut dalam jama’ah sholat Istisqa para Kepala OPD, Kabag, Camat, ASN Pemkab OKU Timur serta masyarakat setempat jamaah sholat jum’at.

Sholat Istiqa memiliki arti sholat bermunajat kepada Yang Maha Kuasa untuk meminta turun hujan. Karena disamping sebab-sebab alamiah seperti pemanasan global, efek rumah kaca, juga ada faktor non alamiah yang menyangkut perilaku umat manusia. Hal itu disampaikan Kapala Kantor Kemenag OKU Timur saat memberikan tausiyah.

Baca juga :  Tindaklanjuti Hasil Rakor, Wakapolda Sumsel Brigjen M Zulkarnaen Kunjungi Oku Selatan.

“Selain karena faktor alam, kita yakin ada faktor lain. Misalnya hubungan kita kepada sang Pencipta, kita sering lalai dalam beribadah kepada-Nya. Kemudian hubungab kita sesama manusia, silaturahmi yang merenggang, prilaku yang tidak baik, mungkin juga ada sifat iri dengki atau sering kali hari-hari terjadi fitnah. Dengan Shalat Istisqa ini kita niatkan diri untuk bermuhazabah dan bertekad untuk tidak mengulangi hal-hal yang demikian,” harap Drs. H. Ishak Putih.

Baca juga :  Hut IGTKI-PGRI Ke-74 2024, Dihadiri Pj.Bupati OKU

Sebelumnya, dalam sebuah acara pengajian Bupati OKU Timur menyinggung kemarau panjang yang terjadi, beliau mengatakan untuk memohon anugerah hujan kepada Allah tidak hanya saat acara doa bersama namun bisa dilakukan setiap saat. Ia mengajak untuk bersama-sama meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, sering berinfaq dan bersodaqoh.
(Ihsan E/ Ketua IWO-I OKUT).

No More Posts Available.

No more pages to load.