Kapolsek Pengandonan Polres OKU Polda Sumsel Hadiri Musyawarah Permasalahan Hewan Ternak Kaki 4 Masuk Ke Lahan Sawah Warga

oleh -1013 Dilihat

OKU baturaja,lensakhatulistiwa.com
Selasa Tanggal 16 April 2024 sekira pukul 09.00 Wib.
Bertempat di Masjid AT-TAQWA Desa Kemala Jaya Kecamatan Muara Jaya Kabupaten OKU, telah dilakuakan kegiatan musyawarah / mediasi tentang Permasalahan Hewan ternak Kaki 4 yang masuk ke lahan sawah warga.

Dalam mediasi tersebut turut hadir
Camat Muara Jaya
Kapolsek Pengandonan Iptu Jenizar
Danramil di wakili oleh Babinsa
Bhabinkamtibmas desa Lontar
Kepala Desa Lontar
Kepala Desa Kemala Jaya
Perangkat Desa
Warga Desa Lontar
Warga Desa Kemala Jaya

Pemilik hewan ternak (kerbau) sebagai pihak ke 1 sebanyak 9 warga Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga :  Dr. Sheila Noberta,Sp.A., M.Kes Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Timur Kunjungi Pameran Bazzar Dekranas Expo 2024

Pemilik Lahan Sawah sebagai pihak Ke 2 sebanyak 9 warga Desa Kemala jaya Kecamatan Muara Jaya Kabupaten OKU.

Pada hari Jumat tanggal 11 April 2024, telah terjadi permasalahan hewan ternak berkaki empat jenis kerbau milik warga Desa Lontar yang masuk dan merusak lahan sawah milik warga desa kemala jaya, yang mana belum ada penyelesaian.

Pada hari ini Selasa Tanggal 16 April 2024, Sekira Pukul 09.00 Wib. Diadakan lagi musyawarah menyelesaikan masalah ini.

Baca juga :  KAPOLDA SUMSEL RAKOR DENGAN KPU, BAHAS PERSIAPAN MENJELANG PEMILU 2024

Adapun tututan warga pemilik  lahan sawah tersebut,meminta ganti rugi di bagian lahan sawah yang ancur / rusak oleh hewan ternak jenis kerbau, dan di sanggupi oleh pemilik hewan kerbau.

Hasil musyawarah / mediasi,
pemilik lahan siap buat kandang lahan sawah miliknya
pemilik hewan kerbau sanggup dan siap mengandangkan peliharaannya.
Apabila terjadi lagi  hewan ternak masuk lahan sawah warga, dan tidak ada yang mengakui pemilik hewan tersebut akan ambil yang punya lahan

Kegiatan Mediasi / musyawarah tersebut merupakan langkah yang telah diambil oleh pemerintah setempat, mengingat sudah sering terjadi adanya hewan ternak jenis kerbau yang masuk ke areal persawahan dan merusak,sehingga pemilik persawahan merasa dirugikan atas kejadian tersebut.

Baca juga :  Serli Binti Gano Hilang Saat Di Tinggal Ibunya Mencuci Pakaian Di Sungai

Personel Polsek Pengandonan Polres OKU,Polda Sumsel telah melakukan pemantauan dan pengamanan kegiatan musyawarah permasalahan hewan ternak masuk lahan sawah di Desa Lontar kecamatan Muara jaya Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan.

Bhabinkamtibmas juga melakukan himbauan kepada pemilik hewan berkaki 4 (empat) untuk tidak melepas / meliarkan hewan peliharaannya, agar dikandangkan dan selalu diawasi.

(LK – REDAKSI)

No More Posts Available.

No more pages to load.