Kabupaten OKU Timur, Mendapatkan Kado Istimewa Dihari Pendidikan Nasional(HARDIKNAS) 2024

oleh -341 Dilihat

OKU TIMUR,lensakhatulistiwa.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur meraih penghargaan dari pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Penghargaan itu, menjadi kado  spesial bagi Pemkab OKU Timur pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.

Piagam dan pelakat penghargaan itu diterima lansung Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT, dan diserahkan oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Kamis 2 Mei 2024.

Penghargaan diserahkan saat Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Penghargaan ini diberikan atas dukungan kerjasama dan kontribusinya dalam menyukseskan program pelestarian bahasa daerah, dalam platform merdeka belajar episode ke-17, revitalisasi bahasa daerah, yakni Bahasa Komering.

Baca juga :  Rakor Bersama DPD IWO Indonesia Malang Raya, Icang Rahardian Beri Arahan dan Masukan

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT mengaku bangga atas capaian dan penghargaan tersebut. “Saya bangga revitalisasi bahasa Komering menjadi salah satu yang terpilih,” kata Bupati, Kamis 2 Mei 2024.

Apalagi di Indonesia hanya 20 daerah yang mendapatkan penghargaan dari Mendikbudristek RI tersebut.

“Saya berharap warga OKU Timur khususnya Komering bangga dan bersyukur atas capaian ini,” katanya.

Bupati juga menyampaikan bahwa wujud dari kebanggaan tersebut bahasa komering digunakan dan diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

“Penuturan bahasa ibu merupakan wujud kebanggaan kita terhadap bahasa daerah,” pungkasnya.

Baca juga :  Pawai Piala Adipura yang Ke-10 Dipimpin Oleh Pj Bupati Lahat Disambut Sangat Antusias Oleh Masyarakat Kabupaten Lahat

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur, Wakimin menambahkan, penghargaan ini didapat berkat komitmen Pemkab OKU Timur yang terus konsisten melakukan revitalisasi bahasa daerah (komering).

Mulai dari pelaksaan revitasisasi, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten dan provinsi, hingga pengimbasan kepada guru-guru.

Selain itu, Pemkab OKU Timur melalui Disdikbud OKU Timur telah memasukan bahasa daerah Komering menjadi pelajaran Muatan Lokal (Mulok) di sekolah-sekolah.

“Ahamdulilah berkat dukungan Pak Bupati Lanosin dan jajaran, OKU Timur menerima penghargaan ini bersama 19 kepala daerah lainnya se-Indonesia. Bahkan OKU Timur satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sumsel,” ungkap Wakimin.

Baca juga :  Kembali Mengukir Sejarah Bupati OKU Timur, Ir.H.Lanosin, M.T Dianugrahi Lencana Bakti Transmigrasi Dari Kementerian Desa

Wakimin mengucapkan terimakasih karena Bupati sudah mensupport kinerja Disdikbud dalam melestarikan budaya bahasa Komering.

Berkat dukungan tersebut, mampu mendorong semangat insan pendidikan dalam melakukan pelestarian bahasa Ibu, khususnya bahasa Komering.

Sehingga hari ini OKU Timur mendapatkan penghargaan dari Balai Bahasa tentang revitalisasi bahasa daerah berkat semangat daripada teman-teman insan pendidikan.

“Terima kasih juga kepada para siswa, guru, pengawas dan kepala sekolah beserta jajaran pejabat fungsional. Ini merupakan kado terindah dì Hardiknas tahun 2024,” pungkas Wakimin.

(LK – HEN/IHSAN E KETUA IWO INDONESIA OKUT)

No More Posts Available.

No more pages to load.