Kabag Ops Polres Oku Pimpin Kegiatan Pengamanan Aksi Protes Dari Insan Pers Kabupaten Oku Terkait Penolakan Terhadap Draf Revisi Ruu Penyiaran

oleh -162 Dilihat

OKU BATURAJA,lensakhatulistiwa.com
Personel gabungan Polres Oku melaksanakan kegiatan pengamanan dalam aksi penolakan oleh puluhan jurnalis dari berbagai organisasi pers antara lain, PWI, AJI, KWRI, IJTI, IWO, IWO Indonesia, dan penggiat media sosial terkait draf revisi RUU Penyiaran yang dianggap dapat menghambat kebebasan pers dan demokrasi dengan mendatangi Kantor DPRD Kabupaten OKU. Senin (03/06/2024).

Dalam kegiatan pengamanan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Oku Akbp Imam Zamroni, S.I.K., M.H., diwakili oleh Kabag Ops Polres Oku Kompol Sulis Pujiono, S.H., M.H.

Puluhan Jurnalis yang ada di Kabupaten Oku mengekspresikan penolakan mereka dengan mendatangi kantor DPRD Kabupaten OKU. Mereka membawa pengeras suara dan spanduk bertuliskan ‘Jurnalis OKU Tolak RUU Penyiaran Media Bakal Dibungkam’.

Baca juga :  Politisi PKB: Jangankan 1 Bulan, 3 Bulan Gaji Saja Saya Siap untuk Rohingya

Kami menolak RUU Penyiaran ini karena berpotensi membungkam dan menghambat roda demokrasi pers. Poin lainnya dalam draf RUU ini, seperti larangan liputan investigasi jurnalistik, juga sangat tidak kami setujui. Ujar Ketua PWI Sdr. Wiwin.

Dalam orasinya, Sdr. Wiwin juga menyoroti keinginan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk ikut campur dalam menyelesaikan sengketa pers.

KPI tidak berhak menyelesaikan sengketa pers. Ini adalah peran yang harus dilakukan oleh lembaga yang independen, tegasnya.

Baca juga :  Bupati Enos, Wabup Yudha, Hingga Pimpinan Forkopimda Ramaikan HUT Bhayangkara Ke 78 di Polres OKU Timur

Kedatangan puluhan jurnalis ke Kantor DPRD Kabupaten Oku disambut oleh salah satu perwakilan DPRD OKU dari Komisi I, Naproni ST, dengan menyambut baik kedatangan para jurnalis dan mengapresiasi aspirasi yang disampaikan.

Pihaknya akan mengawal draf RUU Penyiaran ini dengan cermat. Kami memahami bahwa peran pers sangat penting dalam menjaga demokrasi dan kami akan memperjuangkan kebebasan pers,” kata Naproni di hadapan para jurnalis dan penggiat media sosial. Aspirasi dari para jurnalis akan disampaikan ke DPRD RI untuk mendapatkan perhatian lebih lanjut. Ujarnya.

Baca juga :  Miris Saat Menagih Hutang Malah Di Aniaya

Sementara Kapolres Oku Akbp Imam Zamroni, S.I.K., M.H., diwakili oleh Kabag Ops Polres Oku Kompol Sulis Pujiono, S.H., M.H., dalam kegiatan pengamanan ini menyampaikan bahwa puluhan jurnalis  berangsur membubarkan diri dan meninggalkan lokasi.

Dalam pelaksanaaan pengamanan aksi penolakan oleh puluhan jurnalis tersebut berjalan dengan aman dan tertib, serta mendapat pengamanan dan pengawalan dari personil gabungan Polres Oku.

( LK – REDAKSI)

No More Posts Available.

No more pages to load.