Himpunan Masyarakat OKU Sampaikan Aspirasi Di DPRD OKU Terkait kegiatan Eksplorasi Tambang PT. Semen Baturaja

oleh -216 Dilihat

Baturaja, Organisasi Masyarakat (ORMAS) Himpunan Masyarakat Untuk OKU (HIMAU OKU) bersama Pemuda Pancasila MPC Kabupaten OKU dan perwakilan Warga Kel. Talang jawa dan Kel. Tanjung Agung mendatangi Gedung DPRD OKU. Kamis (14/09/2023) sekira pukul. 10.00 wib.

Kedatangan massa ke Gedung DPRD OKU untuk melakukan Aksi Damai menyampaikan Aspirasi terkait kegiatan eksplorasi tambang milik PT. Semen Baturaja yang dianggap sudah meresahkan dan menimbulkan kerugian bagi warga akibat dari Peledakan Dinamit yang digunakan oleh Pihak PT semen Baturaja.

Kehadiran Massa yang di koordinatori Noven (ketua Himau OKU), A.Jumairi, S.P, (Sekretaris), Ketua MPC PP Kab OKU H. Yusirwan. S.IP, Romlan dan Yudi, Koordinator Lapangan : Yusuf, Hermanto, Jimmy, Agung Budi, disambut oleh Ketua DPRD OKU Ir. H Marjito Bachri bersama berapa Anggota Dewan dari komisi III.

Dalam aksi damai ini, Massa melalui Perwakilan warga kelurahan Talang Jawa, Tanjung Agung dan Koordinator Aksi menyampaikan orasi nya dan membacakan Peryataan Sikap sebanyak 5 Poin, diantaranya Yaitu.

1. Meminta kepada Pihak PT. Semen Baturaja untuk memperbaiki atau mengganti kerusakan yang terjadi pada tempat tinggal kami akibat dari dampak kegiatan eksplorasi.
2. Meminta Pihak PT. Semen Baturaja untuk memberikan dana
kompensasi terkait pendidikan bagi anak yang tidak mampu di
wilayah Ring I PT. Semen Baturaja untuk tingkat SD, SMP dan
SMA.
3. Meminta Pihak PT. Semen Baturaja untuk memberikan
bingkisan sembako pada hari besar keagamaan bagi warga
dilingkungan Ring I.
4. Meminta Pihak PT. Semen Baturaja agar dapat memberikan
kesempatan kerja pada warga Ring I.
5. Meminta Pihak PT. Semen Baturaja agar memberikan
kompensasi kesehatan bagi masyarakat terdampak
pencemaran pada warga Ring.

Baca juga :  KERESAHAN WARGA KECAMATAN JAYAPURA DESA TUMI JAYA,DENGAN ADANYA, AKTIFITAS MOBIL PENGANGKUT MATRIAL BATU TAMBANG

Pertemuan dilanjutkan di ruangan Rapat Musyawarah DPRD OKU yang mana didalam rapat diskusi dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri didampingi ketua dan anggota dewan Komisi III.

Secara bergantian perwakilan massa yang dimulai dari Ketua Himau OKU Noven, Ketua MPC PP OKU Yusirwan, ketua Forum RT/RW Kel. Talang Jawa dan perwakilan Warga Tanjung Agung Hendri dan Harno aktivis OKU menyampaikan tuntutan dan harapan warga kepada pihak PT. Semen Baturaja.

Menanggapi tuntutan warga CSR PT. Semen Baturaja Juli Aprial Praja mengatakan, belum dapat memberikan solusi secara cepat mengingat keterbatasan dari perusahaan PT Semen Baturaja, namun demikian tahapan dan langkah – langkah akan selalu dilakukan dalam rangka merealisasikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat Ring 1.

Sedangkan Tanggapan dari Kepala Pabrik dan Tambang PT Semen Baturaja M. Beni menyampaikan, terkait aktivitas blasting PT semen Baturaja yang membuat masyarakat resah, maka perusahaan akan segera melaksanakan evaluasi dan segala tuntutan dari massa aksi telah dicatat dan akan disampaikan kepada pimpinan.

Kadin DLHP OKU, Ahmad Firdaus pada pertemuan ini mengatakan, bahwa Pada prinsipnya mewakili pemerintah daerah, kami sangat mendukung terhadap aksi yang dilaksanakan hari ini dan berharap setiap point tuntutan dapat direalisasikan oleh pihak PT. Semen Baturaja.

Di kesempatan ini, Ketua DPRD Kab.OKU, Ir. H. Marjito Bachri menyampaikan Agar kiranya lurah talang jawa dan lurah Tanjung Agung dapat aktif menjalin koordinasi yang baik bersama Pihak PT Semen Baturaja serta dapat dengan cepat menginformasikan kepada masyarakat terkait aktivitas yang akan dilakukan oleh Pihak PT Semen Baturaja.

Baca juga :  Mantan Ketua Lembaga Swadaya masyarakat Lembaga Informasi Publik angkat Bicara,Atas Batalnya Calon Presiden 02 Prabowo ke Musi Rawas

Ketua DPRD OKU berharap, agar pihak PT semen Baturaja dapat memberikan solusi dengan cepat kepada masyarakat yang terdampak dari aktivitas Blasting.

Wakapolres OKU, Kompol Farida Aprillah, SH di kesempatan ini berharap pihak PTSB melakukan pemetaan terhadap rumah warga yang terdampak dari kegiatan Blasting PT Semen Baturaja dan melaksanakan Bantuan CSR secara Masif kepada masyarakat serta jalin koordinasi yang kuat bersama pemerintah setempat.

Dari hasil pertemuan ini, massa merasa puas karena apa yang menjadi aspirasi mereka mendapatkan tanggapan sangat baik dan akan direalisasikan oleh pihat PT. Semen Baturaja.

Hadir pada pertemuan ini, Ketua DPRD OKU, Ir.H. Marjito Bachri, Ketua Komisi III DPRD Kab.OKU, Ferlan Juliansyah Id Murod, Wakapolres OKU, Kompol Farida Aprillah, SH, Kadin DLHP OKU, Ahmad Firdaus, Kasat Pol PP OKU, Firmansyah, Anggota Komisi I DPRD Kab.OKU, Parwin, Camat Baturaja Barat, Yan Kurniawan, CSR PT SEMEN BATURAJA, Juli Aprial Praja, Kepala Pabrik dan Tambang PT. Semen Baturaja, M. Beni, Anggota Komisi III DPRD OKU, Emroni, S.Sos, Kabag Tapem Setda OKU, Monang Surya Dinata, Ketua Forum RW Kelurahan Talang Jawa, Sugiono, Perwakilan Masyarakat Kelurahan Tanjung Agung, Hendri, Anggota Komisi II DPRD OKU, Parwanto, SH., MH.

Ketua Forum RT/RW Kel. Talang Jawa Sugiono usai pertemuan mengatakan, apa yang menjadi tuntutan pada pertemuan ini mendapatkan tanggapan sangat baik dari pihak PT semen Baturaja.

” Alhamdulillah, tanggapan dari pihak PT semen sangat baik dan mudah-mudahan dalam tempo lebih singkat akan dapat realisasi dari pihak PT semen baturaja.”ucapnya.

Baca juga :  Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. Mendengarkan dan Menjawab Pemandangan Umum Fraksi-fraksi dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Timur Masa Persidangan I Tahun 2023 Dalam Rangka Membahas dan Meneliti Raperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten OKU Timur. Selasa, 12 September 2023.

Dikatakan Sugiono, salah satu yang lebih penting dari tuntutan itu adalah penggantian rumah-rumah warga yang saat ini kerusakan diakibatkan eksplorasi oleh pihak PT. Semen Baturaja dan berharap semuanya dapat diganti dengan baik sesuai dengan kerusakan.

Sementara itu, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab OKU Yusitwan, S. IP saat dipinta tanggapannya mengatakan, sesuai dengan pertemuan tadi dan di sepakati bahwa pihak PT. Semen Baturaja siap memenuhi apa yang menjadi tuntutan dari warga.

Dalam hal ini pemuda pancasila siap mengawal apabila pihak manajemen mengingkari apa yang disepakati tadi, bila mengikari maka kita akan mengadakan lagi unjuk rasa dengan massa yang lebih besar.”tegasnya.

Mengenai ganti rugi yang akan dibentuk Tim audit, Yusirwan mengatakan pihaknya dalam hal ini akan mengawasinya.

Koordinator Aksi Noven yang sekaligus Ketua Himau OKU Menyampaikan, Aksi damai hari ini berjalan kondusif karena ditengahi oleh rekan-rekan dan ketua DPRD OKU bersama dewan dari Komisi III, pihak polres OKU dalam hal ini ibu Wakapolres dan kasat intel.

Dari pertemuan, dikatakan Noven ada titik temu, namun kita tunggu tindaklanjut dari Pihak PT. Semen Baturaja.

” Ada titik temu, cuman ya kita tunggu tindaklanjut dari pihak PT semen ini terkait rumah-rumah warga yang rusak.”ucapnya.

Noven mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah melakukan kegiatan keamanan jalan nya Aksi seperti Pihak Kepolisian dan Satpol PP sehingga kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.