Untuk Kesekian Kalinya Kabupaten OKU TIMUR Raih ADIPURA

oleh -25 Dilihat

OKU TIMUR,lensakhatulistiwa.com
Pada hari ini Selasa, 5 Maret 2024, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan meraih penghargaan penilaian Adipura tahun 2023 dengan Predikat Anugerah Adipura pada kategori Kota Kecil. Pemkab OKU Timur menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut diserahkan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.

Diketahui, Kabupaten OKU Timur menjadi salah satu dari 4 Kabupaten Kota di Sumatera Selatan yang mendapatkan Anugerah Adipura Tahun 2023 bersama Lahat, Muara Enim dan Musi Banyuasin. Anugerah Adipura Tahun 2023 ini diraih Kabupaten OKU Timur setelah terakhir kalinya pada Tahun 2018.

Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T hadir langsung pada penyerahan penghargaan tersebut didampingi Kepala DLH Feri Hadiansyah, Kepala Diskominfo Hj. Sri Suhartati, Kepala Dinas Pertanian Junadi, Kepala BPKAD Agustian Pahrimale, Kepala Bappeda Marius Markus, dan Kabag ULP Mulawarman.

Baca juga :  Hasil Medali Kontingen Arung Jeram Musi Rawas Melebihi Target,"Ini Baru Mantap,"

Program Adipura merupakan salah satu Program Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  yang bertujuan untuk mendorong terwujudnya kota-kota di Indonesia yang tidak hanya bersih, hijau, dan sehat, namun juga berkelanjutan.

Sebagai Insentif bagi Kabupaten Kota dengan kinerja baik dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, KLHK memberikan penghargaan Adipura dimulai dari penghargaan tertinggi yaitu Penghargaan Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura.

Menteri LHK RI Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. mengatakan, “Adipura merupakan program nasional, instrumen kebijakan yang telah dilaksanakan mulai pada tahun 1986, Adipura merupakan penghargaan kota yang telah berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan”, ujarnya.

Siti Nurbaya juga mengungkapkan bahwa dilihat dari kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik berupa pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau ada 5 Kabupaten Kota yang diberi Penghargaan Adipura Kencana, Kemudian 106 Kabupaten Kota mendapatkan Anugerah Adipura sementara Sertifikat Adipura diberikan kepada 51 Kabupaten Kota.

Baca juga :  Juara Lagi, Arung Jeram Musi Rawas Kembali Sumbang Medali

Sementara itu, Pada ajang penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ini, Wapres menyoroti masalah pengelolaan sampah yang saat ini menjadi salah satu perhatian utama pemerintah. Ia mendorong pemerintah daerah agar menerapkan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir.

“Di tahun 2025, kita menetapkan target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengurangan sampah sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70%. Selain itu, Pemerintah juga menargetkan Nol Sampah Nol Emisi di tahun 2050,” ungkap Wapres RI.

Usai rangkaian acara penyerahan penghargaan, Bupati OKU Timur mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan Anugerah Adipura Tahun 2023, sebab Piala yang diterima tersebut merupakan prestasi tingkat kedua setelah Adipura Kencana dan hanya 4 Kabupaten Kota di Sumatera Selatan yang memperolehnya.

“Alhamdulillah, setelah Tahun 2018 lalu, kita akhirnya kembali mendapatkan Piala Adipura dengan predikat Anugerah Adipura Tahun 2023. Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup yang telah berupaya melengkapi seluruh persyaratan sehingga semua poin terpenuhi, namun kita juga sepatutnya berterimakasih kepada pasukan oranye atas partisipasi aktifnya menjaga kebersihan”, ujarnya.

Baca juga :  Rakor Rencana Kerja Tahun 2024 DPC LSM ELANG MAS OKU

Lebih lanjut, Bupati yang akrab disapa Enos memiliki optimisme untuk mempertahankan predikat tersebut bahkan bisa ditingkatkan ke Penghargaan Adipura Kencana jika telah berhasil 5 kali berturut-turut memperoleh Anugerah Adipura. Mengenai lingkungan hidup, Ia juga mengharapkan Kota Martapura tidak hanya berhasil meraih piala namun benar-benar menjaga kebersihan lingkungan.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Timur Feri Hadiansyah, S.T. M.M. mengucapkan, “Terimakasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran Pimpinan yang telah mendukung suksesnya melampaui Passing Grade 75 sehingga Kabupaten OKU Timur meraih Anugerah Adipura Tahun 2023. Hal ini juga tidak terlepas dari kontribusi seluruh elemen masyarakat termasuk pasukan oranye, yang berjibaku menjaga kebersihan di wilayah Martapura”, ujarnya.
(LK – IHSAN E/KETUA IWO INDONESIA KABUPATEN OKU TIMUR)

No More Posts Available.

No more pages to load.