DPC LSM ELANG MAS KABUPATEN OKU,Sambut Hari Pendidikan Nasional(HARDIKNAS) 2024,Dengan Tema, BERGERAK BERSAMA, LANJUTKAN MERDEKA BELAJAR

oleh -688 Dilihat

OKU Baturaja,lensakhatulistiwa.com
Ketua LSM ELANG MAS KABUPATEN OKU,Ardiansyah,beserta kepengurusan sambut hari Pendidikan Nasional(HARDIKNAS) di tahun 2024 ini.

Ketua LSM ELANG MAS,sedikit menceritakan perjalanan dan perjuangan sosok putra terbaik bangsa.

Hari Pendidikan Nasional(HARDIKNAS)
Salah satu momen penting yang diperingati pada tanggal 2 Mei adalah Hari Pendidikan Nasional. Ditetapkannya Hari Pendidikan Nasional tidak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewanatara yang menjadi pelopor pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan.

Baca juga :  DPD IWO I KAB LAHAT HADIRI PELANTIKKAN DPW DAN 10 DPD IWO I SUMATERA SELATAN

Selama masa kolonialisme, Ki Hadjar dikenal akan keberaniannya dalam menentang kebijakan pemerintah Hindia Belanda, terutama kebijakan yang membatasi akses pendidikan hanya untuk anak-anak keturunan Belanda dan kaum priyayi.

Karena sikap kritis dan perlawanannya ini, akhirnya Ki Hadjar diasingkan ke Belanda bersama dua rekannya, Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangungkusumo. Ketiga tokoh inilah yang dikenal sebagai “Tiga Serangkai”.

Sepulang dari Belanda, Ki Hadjar lalu mendirikan lembaga pendidikan Tamansiswa (Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa) pada tanggal 3 Juli 1922 di Yogyakarta. Pasca kemerdekaan Indonesia, Ki Hadjar kemudian diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1950.

Baca juga :  Polsek Sinar Peninjauan Polres Oku Lakukan Pengamanan Perayaan Natal Dan Tahun Baru 2023 Di Gereja

Sebagai penghargaan atas jasanya terhadap pendidikan di Indonesia, pemerintah menetapkan tanggal kelahirannya, yaitu 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Keputusan tersebut tertuang melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959,seklumit pengetahuan seorang Ketua DPC ELANG MAS KABUPATEN OKU, tentang Hari Pendidikan Nasional Ardiansyah.

(LK – ESK)

No More Posts Available.

No more pages to load.