Dirjen Dukcapil Resmikan Sejumlah Adminduk Pelayanan di Kabupaten Lahat

oleh -437 Dilihat

Lahat,lensakhatulistiwa.com
Kedatangan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi dinilai memberikan angin segar bagi Kabupaten Lahat. Pasalnya, untuk menunjang kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lahat, Ditjen Dukcapil Kemendagri memberi bantuan sebanyak 14 ribu keping blangko KTP-el.

Rabu (17/1/2024), Pj. Bupati Lahat Muhammad Farid pun menyambut hangat Dirjen Teguh Setyabudi yang juga atasannya di Ditjen Dukcapil. Muhammad Farid tercatat masih menjabat Direktur Integrasi Data Kependudukan Nasional (IDKN) pada Ditjen Dukcapil Kemendagri. “Selamat datang Dirjen Dukcapil Bapak Dr. Drs. Teguh Setyabudi, MPd. di Kabupaten Lahat. Alang kelemak makan pindang ikan, Ikan semah di masak pake bumbu. Sehat selalu Bapak Teguh yang tampan, Semoga Ditjen Dukcapil semakin prima Indonesia maju,” kata Pj Bupati Muhammad Farid menguntai pantun.

Baca juga :  Ujar Kebencian Yang Di Unggah Melalui Tiktok Berujung Ke Ranah Hukum

“Ke Tanjung Sirih ada lemang dan ikan sepitan, Makan di tempat lebih enak sambil minum kopi. Selamat datang di Bumi Seganti Setungguan, Semoga Bapak Dirjen senang dan berkenan ke Lahat lagi,” sambungnya.

Dirjen Teguh sendiri mengaku sangat bahagia bisa hadir di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. “Saya sudah lama tahu nama Kabupaten Lahat, namun baru pertama kali menginjakkan kaki di Bumi Seganti Setungguan,” tukasnya.

Muhammad Farid berharap, kunjungan Dirjen Dukcapil ini membuat pelayanan Administrasi kependudukan di Lahat akan semakin baik. Oleh karena itu, Pj Bupati Muhammad Farid mendaulat Dirjen Teguh Setyabudi untuk me-launching Call Center 112 dan Whatsapp (WA) Pengaduan Masyarakat.

Baca juga :  Ramadhan berkah, Dewan pimpinan wilayah ikatan wartawan online Indonesia ( DPW IWO - INDONESIA) SUMSEL bagi - bagi takjil

Pada kesempatan itu pula, Dirjen Teguh meresmikan nama jalan dengan aksara Ka Ga Nga sekaligus meresmikan Bus Sekolah. Aksara Ka-Ga-Nga adalah aksara asli Bengkulu yang merupakan turunan dari aksara Palawa.

Teguh menyampaikan harapannya, dengan adanya Call Center 112 dan WA Pengaduan Masyarakat, Pemkab Lahat semakin mudah melayani keperluan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi penduduk Lahat.

“Adminduk adalah rangkaian kegiatan pengaturan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan. Kegiatan ini dilakukan pendaftaran pelayanan penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi data penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, keperluan pemerintahan dan pembangunan,” terangnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Lahat juga menerangkan manfaat Adminduk sendiri menjadi acuan kebijakan dan pembangunan. Selain itu untuk mewujudkan tertib Adminduk secara nasional dan terpadu, serta tersedianya data penduduk sebagai referensi dasar dalam penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan.

Baca juga :  KORDINATOR IWO INDONESIA SUMATERA SELATAN DATANGI PJ WALIKOTA PRABUMULIH,GUNA BAHAS PELANTIKAN IWO INDONESIA10 KABUPATEN SE-SUMATERA SELATAN

“Pelayanan publik terus diperbarui guna memudahkan masyarakat. Pelayanan adminduk berperan strategis dalam aspek kehidupan masyarakat guna mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan bebas dari pungutan biaya apapun,” ujar Pj. Bupati Lahat.

Launching layanan Adminduk di halaman Kantor Dukcapil Lahat ini dihadiri langsung Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setiabudi didampingi Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, Kadis Dukcapil Lahat, perwakilan Dandim 0405 Lahat, perwakilan Mapolresta Lahat serta seluruh OPD Pemkab Lahat.(ADVERTORIAL)

TEDDI.S
( LK – TEAM PEMBURU KORUPTOR)

No More Posts Available.

No more pages to load.