DEMAM BERDARAH(DBD) MENYERANG WARGA DESA BANDAR KECAMATAN SOSOH BUAY RAYAP, KABUPATEN OKU

oleh -182 Dilihat

BATURAJA,lensakhatulistiwa.com
Kegiatan Rapat Koordinasi mengenai Kasus Penyakit Demam Berdarah ( DBD ) yang menyerang warga desa Bandar Kec. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU bersama Unsur Tripika dan Kepala Desa se-Kec.Sosoh Buay Rayap Kab. OKU.

Pada hari Rabu tanggal 27 Desember 2023, sekira pukul 09.00 wib bertempat di aula kantor camat kec. sosoh buay rayap Kab. OKU telah di laksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi mengenai Kasus Penyakit Demam Berdarah ( DBD ) yang menyerang Warga Ds. Bandar Kec. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU bersama unsur tripika dan Kepala Desa se-Kec.Sosoh Buay Rayap Kab. OKU.

Giat tersebut dihadiri yaitu sebagai berikut :
– Kasi Promosi Kesehatan Dinkes OKU Aufa Amuri. SKM.MM
– KUPTD Puskesmas Penyandingan Edwin SKM.MM
– Camat Sosoh Buay Rayap Dini Justini SE.MM
– Kapolsek Sosoh Buay Rayap IPTU Karbianto. SH
– Danramil Kota Kapten Surasa
– Para Kepala desa Sekecamatan Sosoh Buay Rayap
– Kepala KUA Kec. Sosoh Buay Rayap Yoyon Miftahul. SH

Baca juga :  Bersama TNI, Polresta Magelang Pastikan Keamanan Pelaksanaan PSU

Adapun yang dibahas dalam giat rapat Koordinasi tersebut sbb:

• Pihak Dinkes Melalui Puskesmas Penyandingan akan melakukan penyemprotan terhadap setiap desa dengan cara bergilir dan terjadwal.

Pihak Puskesmas memberikan bantuan berupa kelambu khusus warga desa bandar yang saat ini sudah terserang penyakit demam berdarah ( DBD )
Pihak Puskesmas Memberikan Bantuan Abate kepada setiap desa se kec. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU.

Pihak Puskesmas juga memberikan arahan dan penjelasan terkait bila mana ada bak – bak penampungan yang sudah lama tidak di pakai agar segera lakukan pengurasan dan pengeringan agar tidak bersarang jentik – jentik nyamuk demam berdarah ( DBD )

Giat Rapat Koordinasi tersebut dilakukan dalam upaya tindakan cepat dan terukur dalam penanganan kasus penyakit demam berdarah yang mana sebelumnya sudah ada korban yang terserang penyakit demam berdarah hususnya di daerah ds. Bandar kec. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU

Baca juga :  Team Singo Timur Berhasil Ringkus Dua Pemuda Asal Prabumulih Pelaku Pengeroyokan

Dilakukannya Rapat Koordinasi tersebut membahas tentang mengenai kasus penyakit demam berdarah yang mana sudah menyerang warga desa bandar kec. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU.

Agar pihak terkait melakukan tindakan cepat dan tegas untuk segera mungkin untuk pencegahan penyakit demam berdarah agar tidak bertambah lagi korban jiwa yang terkena penyakit demam berdarah ( DBD )tersebut.

Untuk warga yang positif terkena DBD di Desa Bandar sebanyak 3 orang:
1. Daela Sadela Putri Binti Yuzairin, umur 10 (anak kades bandar) meninggal dunia
2. Nama. A. Fatah Algazali bin Lingga novianto
Umur. 3 th 6 bulan
Pekerjaan. T O.T
Alamat. Dsn 2 ds. Bandar Kecamatan,Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU ( cucu kepala desa Bandar sdr. Yuzairin )
3. Nama. Asiva binti Edwin
Umur. 3 th 6 bulan
Pekerjaan. T.O.T
Alamat. Dsn. 2 ds. Bandar Kecamatan. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU

Saat ini kedua pasien yang terjangkit penyakit demam berdarah tersebut sudah dilarikan ke rumah sakit Prima Qonita dan RSUD Ibnu Soto Baturaja guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca juga :  Kapolres Oku Bagikan Bingkisan Lebaran kepada Purnawirawan Polri Dan Warakawuri

Sebelumnya pada hari Sabtu tgl 16 des 2023 sekira jam 03.00 wib yang lalu menjelaskan bahwa anak kandungnya yang barnama. Daela Sadela Putri Binti Yuzairin, umur 10 th terkena penyakit demam berdarah yang berawal dari demam tinggi disertai menggigil yang tidak kunjung turun sehingga langsung di larikan ke rumah sakit DKT Baturaja namun tidak kunjung sembuh dan berahir meninggal dunia.

Setelah selang dua hari dari meninggalnya anak kades tersebut pihak puskesmas melakukan pogging ( pengasapan ) kepada rumah warga yang terkena demam berdarah tersebut selama dua hari, namun kegiatan pengasapan tersebut dilakukan selama satu hari saja dikarenakan mesin tersebut mengalami kerusakan yang mengakibatkan pengasapan tersebut di hentikan.

Sampai saat ini dikarenakan penanggulangan tersebut belum ada tindak lanjut lagi maka jumlah korban yang terkena penyakit demam berdarah bertambah menjadi dua orang.
(LK – REDAKSI)

No More Posts Available.

No more pages to load.