Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan kapitasi menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat kota prabumulih

oleh -263 Dilihat

Prabumulih,Lensa khatulistiwa – Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) merupakan bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah kabupaten kota dalam rangka utamanya untuk kegiatan operasional Puskesmas yang bersifat promotif dan preventif dalam pencapaian indikator SPM bidang kesehatan.

Program tersebut menggunakan dana APBN melalui Kementrian Kesehatan (KEMENKES) sebesar Rp. 8.205.000.000 untuk di 9 Puskesmas dan Rp. 5.277.000.000 untuk di Dinkes pada tahun 2023.

Fenomena carut marut administrasi, berikut isu yang mencuat belakangan ini, mengisyaratkan bahwa ada dugaan penyimpangan aliran dana ke beberapa oknum!!

Baca juga :  Opik Bidang Pusdiklat DPP IWO INDONESIA, Mengatakan, Jurnalis Jadi Depkolektor

“Lah payah pak!, sekian % kesano, sekian % kesini, lah kan habis duit oleh cak itu be, cak mano kami nak senianan gawe tu, menlah banyak sunatan, kami di tuntut SPJ harus rapi nak di sesuaike, nak gilo gawe ni pak, Terang   ASN  Salah satu puskesmas di kota prabumulih yang meminta di rahasiakan identitasnya.

Masih kata dia, ” dana BOK dan KAPITASI kan lagi di gaweke untuk 2023 , banyak pak kecurangan di pengelolaan dana tu, pecak penggelembungan harga, belanja Fiktif dana Kapitasi dalam belanja operasional Puskesmas, anggaran ganda di mana satu kegiatan di danai oleh dua sumber BOK dan KAPITASI cak itu pak, banyak pak yang lain jugo, tuturnya.

Baca juga :  PENGRAJIN RUMAHAN KELENGKAPAN KUDA LUMPING SEBAT CEMETI SRIWIJAYA KAB LAHAT

Tertutupnya informasi terhadap pengelolaan Dana BOK dan KAPITASI, menjadi atensi bagi Aparat penegak hukum (APH).

Menyikapi hal tersebut, salah satu pegiat anti korupsi yaitu PD GNPK-RI Kota Prabumulih Fenky Adiguna, ”  mengatakan, “kami akan mengumpulkan informasi, data, dan menginvestigasi langsung ke 9 Puskesmas dan Dinas Kesehatan, ungkap fenky di ruang kerja.

” Hasil dari investigasi, akan kita serahkan kan langsung ke WALIKOTA  dan DPRD, tutup Fandri  sekretaris GNPK.

Baca juga :  Kemarau Panjang Melanda, Pemkab OKU Timur Gelar Sholat Istisqa, Memohon Turun Hujan

Sampai dengan Terbitnya berita ini, WALIKOTA, DPRD dan DINKES Kota Prabumulih  belum dapat di konfirmasi. ( V – kontributor LK pbm)

No More Posts Available.

No more pages to load.