Bupati Dan Wakil bupati OKU TIMUR, Ir. H.Lanosin, M.T Dan H.M.,Adi Nugraha Purna Yudha,S.H, Hadiri Rapat Paripurna KE – 47 DPRD OKU TIMUR, Jelang HUT KABUPATEN OKU TIMUR KE – 20

oleh -24 Dilihat

OKU TIMUR,lensakhatulistiwa.com
Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. hadiri Rapat Paripurna ke-47 DPRD Kabupaten OKU Timur Masa Sidang II Tahun 2024 Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten OKU Timur. Rabu, 17 Januari 2024.

Diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna Kabupaten OKU Timur, rapat ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupateb OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP., M.M. Turut hadir Pj. Gubernur Sumatra Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir. S.A Supriono.

Pj. Gubernur Sumatra Selatan yang diwakili oleh Sekda mengucapkan HUT OKU Timur ke-20 tahun, berharap agar Kabupaten OKU Timur terus maju hingga mencapai masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Sekda menyampaikan setiap keberhasilan pembangunan untuk terus dipertahankan dan disempurnakan. Setiap hambatan kiranya menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan di masa akan datang.

Diketahui Hari Jadi Kabupaten OKU Timur ke-20 mengusung tema, “Pembuktian dukungan kualitas infrastruktur ekonomi dan SDM, memperkuat sektor unggulan daerah demi menyukseskan pemilu dan pemilihan tahun 2024 menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia”.

Baca juga :  10 DPD IWO Indonesia Sumsel Resmi Dilantik

Terkait tema tersebut, Sekda berharap dapat dijadikan semangat, penguat dan pengokoh tekad semua hingga menjadikan Kabupaten OKU Timur yang semakin maju.

Bupati OKU Timur dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan di Bumi Sebiduk Sehaluam, “Tentu menjadi suatu kebanggaan bagi kami masyarakat OKU Timur atas kehadiran para undangan, khususnya Bapak Sekda Provinsi Sumsel yang mewakili Bapak Pj. Gubernur,” tuturnya.

Melalui peringatan hari jadi ke-20 ini, menurut Bupati ini menjadi momentum yang sangat tepat apabila dijadikan sarana refleksi guna berintrospeksi terhadap masa yang telah dilalui untuk perbaikan di masa depan.

“Di usia 2 dekade ini, alhamdulillah Pemkab OKU Timur telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Prestasi ini tentunya patut kita pertahankan dan tingkatkan. Hal ini tergambar dari berbagai program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang dicanangkan yaitu OKU Timur Maju Lebih Mulia,” imbuhnya.

Baca juga :  Pemasangan Monitor CCTV Oleh Sie TIK Polres Oku Di Pos Pengamanan Ops Lilin Musi 2023 City Mall Baturaja

Dihadapan para tamu undangan, Bupati muda peduli rakyat ini memaparkan berbagai prestasi yang telah dicapai di masa kepemimpinannya.

“Di bidang pembangunan SDM, meningkat dari 65,10 dengan kategori sedang menjadi 73,05 dengan kategori tinggi. Di bidang perekonomian kita telah berhasi meningkatkan PDRB atas dasar harga berlaku dari 3,46 triliun rupiah menjadi 17,86 triliun rupiah. Angka kemiskinan juga menurun dari 18,26% menjadi 9,99%. Kita juga berhasil menekan angka pengangguran terbuka dari 8,84% menjadi 3,96%,” paparnya.

“Pada sektor pertanian kita telah meningkatkan produksi padi dari 543.993 ton gabah kering giling dengan luas panen 105.972 hektar menjadi 696.027 ton dengan luas panen 106.164 hektar. Data terakhir menunjukkan bahwa surplus beras di OKU Timur mencapai 296.330 ton. Di bidang perikanan, produksi ikan konsumsi dari 1.523 ton menjadi 53.492 ton, dan OKU Timur telah ditetapkan menjadi Kampung Budidaya Ikan Patin oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tambahnya.

“Sektor peternakan, jumlah ternak sapi dari sekitar 8.000 ekor menjadi 76.240 ekor, ini merupakan ternak sapi terbanyak di Sumsel. Untuk infrastruktur dasar bidang transportasi, pada tahun 2006 hanya sekitar 20% ruas jalan kabupaten dalam kondisi mantap, saat ini sudah 79% dari 933 KM sudah dalam kondisi mantap. Sektor keuangan daerah telah berhasil ditingkatkan, APBD semula hanya sebesar 185,4 Milyar dengan PAD 1,8 Milyar telah meningkat menjadi lebih dari 2 Triliun dengan PAD sebesar 154 miliar,” jelasnya.

Baca juga :  Pemkab Oku Timur, Adakan pelatihan, Para jurnalistik.

Dikatakan Bupati, segala bentuk prestasi dan penghargaan yang telah diraih bukanlah tujuan akhir, namun menjadi motivasi untuk terus mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Dalam momentum ini, Bupati mengajak seluruh pihak untuk memberikan sumbangsih saran dan masukan khususnya dalam menentukan arah kebijakan pembangunan Kabupaten OKU Timur untuk mewujudkan Sumsel Mapan dan Indonesia Emas di tahun 2045.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan peenyerahan CSR dari Bank Sumsel Babel untuk Bedah Rumah 7 Unit senilai Rp 140.000.000,-
(LK – IHSAN E/KETUA IWO INDONESIA KABUPATEN OKU TIMUR)

No More Posts Available.

No more pages to load.